Senin, 12 Maret 2012

keterampilan memberi penguatan

Penguatan adalah segala bentuk respon terhadap suatu tingkah laku
yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku
tersebut. Sedangkan Uzer Usman berpendapat bahwa penguatan
(reinforcement) adalah segala bentuk respon, baik verbal maupun nonverbal,
yang merupakan bagian dari modifikasi tingkah laku guru terhadap tingkah
laku siswa, yang bertujuan untuk memberikan umpan balik (feedback) bagi
siswa atas perbuatannya sebagai tindak dorongan.56 Kegiatan memberi
penguatan bertujuan untuk:
a. meningkatkan perhatian siswa pada pelajaran.
b. merangsang dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
c. meningkatkan kegiatan belajar dan membina tingkah laku siswa yang
produktif.
Komponen-komponen memberi penguatan antara lain yaitu:
a. penguatan verbal, biasanya menggunakan kata-kata pujian, penghargaan,
dan persetujuan. Misalnya: pintar sekali, bagus, betul, seratus.
b. penguatan non-verbal
1) penguatan berupa gerakan mimik dan badan. Misalnya: acungan
jempol, senyuman, dan anggukan atau gelengan kepala.
2) penguatan dengan cara mendekati, misalnya: guru duduk dekat siswa,
berdiri di samping siswa, dan berjalan di sisi siswa.
3) penguatan berupa simbol dan benda, misalnya kartu bergambar dan

bintang dari plastik.
4) penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan.
Penguatan dapat ditujukan kepada pribadi tertentu, kelompok
tertentu, maupun seluruh siswa. Dalam pelaksanaannya penguatan harus
dilakukan dengan segera dan bervariasi. Sehubungan dengan itu, terdapat
beberapa hal yang harus diperhatikan guru dalam memberi penguatan, antara
lain yaitu:
a. penguatan harus diberikan dengan sungguh-sungguh.
b. penguatan yang diberikan hendaknya bervariasi.
c. kehangatan dan keantusiasan, sikap dan gaya guru, termasuk suara,
mimik, dan gerak badan, akan menunjukkan adanya kehangatan dan
keantusiasan dalam memberikan penguatan.
d. kebermaknaan, penguatan hendaknya diberikan sesuai dengan tingkah
laku dan penampilan siswa segingga dia mengerti dan yakin bahwa dia
patut diberi penguatan.
e. menghindari penggunaan respon yang negatif karena akan mematahkan
semangat siswa untuk mengembangkan dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar